Pembajakan Software di Indonesia Mencapai U$$1,32 Miliar

Nilai komersial Software tanpa lisensi yg di instal pada PC di indonesia,yg mencapai rekor U$$1,32 miliar pada 2010,menunjukan bahwa 87% program yg diinstal pada PC diindonesia adalah produk tanpa lisensi.Jumlah kerugian tersebut adalah tujuh kali lipat dari nilai kerugian pada 2003, yaitu U$$157 juta.Pada 2009,sebanyak 86% software yg di instal pada komputer di indonesia di peroleh secara ilegal dengan nilai mencapai U$$886 juta.... wihh seremm..

Hal ini merupakan sebagian tmuan Studi pembajakan Software global tahun 2010 oleh Business Software Alliance (BSA) yg mengevaluasi status pembajakan software global.Studi pembajakan software Global ini adalah studi yg dilakukan oleh BSA bersama IDC (Internasional Data Corparition) untuk kedelapan kalinyah.IDC adalah lembaga penelitian dan menganalisis pasar terkemuka di industri IT.

Metode yg digunakan dalam ini mengabungkan 182 input data terpisah dari 116 negara dan wilayah di seluruh dunia .studi tahun ini juga mencakup hal baru,yaitu survei opini publik pengguna PC terhadaf sikap dan perilaku sosial yg terkait dengan pembajakan software,yg dilakukan oleh Ipsos Public Affairs.

Survei tersebut juga menunjukan banyaknyah pengakuan bahwa software berlisensi lebih baik dari pada software bajakan karena lebih aman dan terpecaya .Masalahnyah adalah banyak pengguna komputer yg ridak memiliki pemahaman yg cukup tentang cara mendapatkan software berlisensi secara benar ,misalnya dengan membeli software yg berlisensi tunggal untuk kemudian diinstal dan digunakan pada beberapa komputer atau men-download program dari jaringan P2P (peer to peer).

Mereka memahami apakah hal tersebut hal yg legal atau tidak.Studi pembajakn software Global 2010 mencakup pembajakan atas seluruh software yang berjalan PD PC,termasuk deskop,laptop dan ultraportabel dan netbook.Ini mencakup sistem operasi,sistem software , seperti database dan paket keamanan,serta aplikai software grtis yg sah dan software open source yg mencakup dalam ruang lingkung penelitian.jadi berhati-hatilah jika anda menggunkan software atau program yg menurut anda tidak sah atau ilegal.

Good Luck..
Share on Google Plus

About Ikbal Ditan

Hai Nama saya Ikbal Ditan diblog ini saya berbagi pengalaman dan pengetahuan saya semoga kalian yang membaca artikel-artikel disini enjoy. Jika ada yang ditanyakan bisa hubungi email saya : ikbalditanm@gmail.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Silakan isikan kolom komentar dibawah ini diharapkan jangan spam.karena komentar anda sangat berarti bagi kami jika anda mempunyai kendala insyaallah kami akan membantu anda ^_^

Informasi Pilihan Identitas Jika Berkomentar :

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Wordpress : Blog degan account wordpress
Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonymous : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda.