Cara menghadapi Wawancara Kerja Pertama

Hi!
Bertemu lagi dengan saya yang tidak asing lagi di blog ini disana saya akan membagi cerita atau pengalaman saya diblog ini yaitu pengalaman wawancara kerja pertama saya, bagi yang sudah lulus pasti ingin sekali cepat kerja dan mendapatkan uang sendiri tentunya tidak lagi mengandalkan orang tua karena sudah lulus apa iya kita masih minta kepada orang tua kita?

Dulu awal-awal saya lulus saya ingin sekali bekerja diperusahaan besar seperti PLN, Pertamina, Gas dan sebaginya. Tapi nasib berkata lain ternyata untuk test-test saja sudah lumayan sulit dan bersaing dengan ribuan orang banyak jadi saya berfikir kerja jadi apa dulu yang penting dapat pengalaman terlebih dahulu. 

Hal-hal Penting yang harus anda ketahui saat wawancara tentunya ini berdasarkan pengalaman saya dulu dan sekarang :

Pertama : Carilah loker yang JELAS jangan asal lamar-lamar ajah kalau loker itu tidak jelas untuk mengetahui lokernya jelas
  1. Perhatikan loker itu PT apa cari tau di google apa ada website atau alamatnya cari tau dimana biasanya kalau loker jelas suka mencantumkan alamat dan email perusahaan Contoh : engineering@engineering.com bukan email gratisan biasanya mereka juga suka mencantumkan website mereka
  2. Buat CV semenarik mungkin jangan segalanya dimasukan CV cukup masukan : No telpon,email,pengalaman,hobi,skill,pendidikan,sertifikat,jelaskan di CV tentang anda siapa sedikit saja untuk introduction.
  3. Jika anda ingin mengirim CV lewat email pastikan semua serfifikat dan dokumen lainnya satu PDF saja satukan biar simple, pengalaman saya banyak HRD yang males ketika ada pelamar melampirkan dokumen begitu banyaknya hingga harus download satu persatu. Jadi cukup SATU PDF SAJA BERISI SEMUA DOKUMEN. Caranya bagimana ? Cukup Junjungi Web disini
  4. Ketika kita dipanggil untuk wawancara usaha rapi sopan pake baju informal kemeja rambut pendek dulu saya gara-gara rambut panjang berkumis, berjanggut, gagal deh wawancara akhir saya sedih :(
  5. Ketika kita sudah berhadapan dengan HRD langsung biasanya kita di suruh untuk memperkenalkan diri. Nah! disini skill kita perlihatkan usahakan kita memperkanal diri dengan bahasa inggris walaupun tidak diperintahkan. Kenapa agar si HRD ada nilai plus bahwa seseorang itu bisa bahasa inggris yang penting PD walaupun pasif soalnya dulu saya seperti itu hhe
  6. Selanjutnya ketika si HRD menanyakan gaji yang diinginkan kepada kita disini kita selalu sejeplaknya ngomong pengen gaji tinggi sedangkan kita hanya lulusan baru yang tidak mempunya pengalaman kerja, usahakan ketika ditanya seperti itu berijawaban UMK saja upah minimum daerah masing-masing kalau perusahaan tersebut dibawah UMK itu melanggar Undang-undang yang sudah di tetapka oleh pemerintah. Dulu saya sempet pengen gaji gede karna saya gengsi sarjana masa kecil tapi si HRD baliknanya pengen gaji segitu punya pengalaman apa? disitu saya merasa malu haha adapun dulu saya minta gaji UMK saja ternyata si perusahan menawarkan gaji lebih dari UMK tapi sayangnya saya gagal di wawancara user, haha
  7. Terakhir kita akan diberi dokumen berupa tanda tangan kontrak. Disitu kita harus jeli lihat di atas materai tidak tanda tangannya baca juga peraturan lain biasanya suka ada penahanan ijasah pikirikan sebelum tanda tangan. Banyak orang yang tidak menginginkan ijasahnya ditahan karena alasannya susah keluar kalau keluarpun bayar ya memang ada benarnya makan disitu kita harus jeli BACA! sebelum tandatangan namun biasanya perusahaan menahan ijasah kita perusahaan bagus biasanya kita terpilih di perusahaan tersebut dengan persaingan ketat dan perusahaan tersebut tidak menginginkan karyawannya keluar masuk seenaknya saja. Jika ingin keluarpun baik-baik saja pasti bisa jangan ilang begitu saja banyak teman-teman saya yang ijasahnya ditahan tapi keluar sebelum kontrak selesai bisa kalau kita bicara baik-baik2
Sekian Cara Menghadapi Wawancara Kerja Pertama dari saya tips ini berdsarkan pengalaman pribadi saya dulu terus tetap semangat dalam mencari kerja sabar berdoa sholat tahazud qiyamul biar dilancarkan semuanya

Terimakasih :)
Share on Google Plus

About Ikbal Ditan

Hai Nama saya Ikbal Ditan diblog ini saya berbagi pengalaman dan pengetahuan saya semoga kalian yang membaca artikel-artikel disini enjoy. Jika ada yang ditanyakan bisa hubungi email saya : ikbalditanm@gmail.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Silakan isikan kolom komentar dibawah ini diharapkan jangan spam.karena komentar anda sangat berarti bagi kami jika anda mempunyai kendala insyaallah kami akan membantu anda ^_^

Informasi Pilihan Identitas Jika Berkomentar :

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Wordpress : Blog degan account wordpress
Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonymous : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda.